TIPS MEMBANGUN RUMAH KONTRAKKAN BAGI PEBISNIS PEMULA

Lahan kosong di daerah padat penduduk sebenarnya menjadi incaran para pebisnis untuk membelinya. Yang mana nantinya lahan tersebut digunakan untuk bisnis rumah kontrakkan sebagai sumber untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Seandainya tidak dibangun apapun juga tetap menguntungkan, karena harga tanah tiap tahunnya akan terus meningkat.

            Bisnis rumah kontrakkan ini biasanya digeluti oleh orang yang bisa disebut banyak uang, karena membangun rumah kontrakkan tersebut membutuhkan uang yang banyak. Terkadang banyak juga orang yang banyak uang untuk tidak memilih bisnis rumah kontrakkan ini karena meraka tidak mempunyai pengalaman dalam hal ini. Nah saya punya tips bagi kalian yang pemula dan tidak punya pengalaman dalam bisnis ini agar bisnisnya lancar jaya, karena tidak sedikit orang mengalami kebangkrutan disebabkan perencanaan yang kurang matang. Simak tips-tipd berikut:

  • Kualitas rumah kontrakkan

Kualitas dari rumah kontrakkan yang dibangun akan sangat mempengaruhi penghasilan kalian ke depannya. Rumah yang dibangun dengan kualitas yang bagus sangat diminati bagi penyewa apalagi sewa atau kontraknya murah. Untuk membangun kontrakkan yang berkualitas tentunya juga diperlukan material yang baik, misalkan semen kualitas terbaik, pasir yang bagus dan lain-lain. Tentunya itu semua ada alasannya selain bisa membuat nyaman dan betah si penyewa, pastinya juga akan menghemat biaya karena tidak perlu melakukan renovasi dalam waktu dekat.

  • Letak atau posisi

Memilih letak atau posisi yang akan dibangun rumah kontrakkan ini tidak bisa sembarang tempat karena akan berpengaruh terhadap kelancaran bisnis, jadi pilihlah lokasi yang dianggap strategis. Lokasi strategis untuk pembangunan rumah kontrakkan ini tidak selalu berada di pinggir jalan raya. Yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membangun kontrakkan selain di pinggir jalan adalah apakah akses kendaraan umum roda 2 ataupun roda 4 bisa sampai ke lokasi, minimal untuk akses roda 2. Selanjutnya pertimbangkan juga jarak kontrakkan yang akan kita bangun dengan pasar, sekolah, supermarket, rumah sakit dan lain-lainnya karena ini juga akan mempermudah si penyewa jika nantinya menyewa rumah kontrakkan tersebut. Ini juga akan menjadi daya tarik bagi se penyewa selain harga yang murah.

  • Desain dari rumah kontrakkan yang menarik

Desain rumah kontrakkan ini juga akan menjadi pertimbangan bagi calon penyewa sebelum mereka memastikan untuk menempatinya. Disarankan sih buatlah rumah kontrakkan dengan desain yang simpel dan nyaman. Perhatikan juga kelancaran sirkulasi udara di setiap ruangan karena sirkulasi udara yang tidak lancar akan membuat ruangan menjadi pengap.

  • Biaya sewa

Mungkin biaya sewa ini akan akan menjadi faktor penting bagi calon penyewa dalam menimbang-nimbang dalam mengambil keputusan. Kalau perlu kita sebagai pemilik rumah kontrakkan jangan menaruh biaya sewa tinggi, cukup taruh harga agar bisa dijangkau calon penyewa atau sesuai kemampuan isi kantong. Biasanya aturan dalam sewa menyewa rumah kontrakkan ini ada yang bayar per 3 bulan, per 6 bulan dan ada juga yang pertahun tergantung kebijakan si pemilik rumah kontrakkan.

Itu saja beberapa tips yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi pebisnis rumah kontrakan pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *